Minggu, 09 Oktober 2011

Tugas Mata Kuliah "Dasar-Dasar Manajemen" (1)

Assalamualaikum wr. wb

Tugas Mata Kuliah “Dasar-Dasar Manajemen” Mengenai Pengertian Efektifitas dan Efesiensi Serta Pemecahan Suatu Masalah Dengan Menggunakan Manajemen



Nama Dosen
Murhadi, S. kom, MM

Disusun Oleh
Derry Azanning D P
PBU 7 gelombang 3



Beberapa Pengertian Efektifitas



Menurut Sondang P. Siagian (2001 : 24) memberikan definisi sebagai berikut :
Efektivitas adalah pemanfaatan sumber daya, sarana dan prasarana dalam
jumlah tertentu yang secara sadar ditetapkan sebelumnya untuk menghasilkan
sejumlah barang atas jasa kegiatan yang dijalankannya. Efektivitas menunjukan
keberhasilan dari segi tercapai tidaknya sasaran yang telah ditetapkan. Jika hasil
kegiatan semakin mendekati sasaran, berarti makin tinggi efektivitasnya.

Menurut Abdurahmat (2003:92) memberikan definisi sebagai berikut :
Efektivitas adalah pemanfaatan sumber daya, sarana dan prasarana dalam jumlah tertentu yang secara sadar ditetapkan sebelumnya untuk menghasilkan sejumlah pekerjaan tepat pada waktunya.

Jadi menurut saya pengertian efektifitas adalah (kesimpulannya)
suatu ukuran yang menyatakan seberapa jauh target
(kuantitas,kualitas dan waktu) telah tercapai. Dimana makin besar presentase
target yang dicapai, makin tinggi efektifitasnya.

Beberapa pengertian Efisiensi


Menurut Mulyamah (1987;3) yaitu:
Efisiensi merupakan suatu ukuran dalam membandingkan rencana penggunaan
masukan dengan penggunaan yang direalisasikan atau perkataan lain penggunaan
yang sebenarnya.

Menurut SP.Hasibuan (1984;233-4) yang mengutip pernyataan H. Emerson yaitu:
Efisiensi adalah sesuatu yang kita kerjakan berkaitan dengan menghasilkan hasil yang
optimal dengan tidak membuang banyak waktu dalam proses pengerjaannya.
efektif belum tentu efisien dan begitu sebaliknya.


Jadi menurut saya, pengertian efisiensi adalah (kesimpulannya)

Efisiensi merupakan suatu ukuran keberhasilan yang dinilai dari segi besarnya
sumber/biaya untuk mencapai hasil dari kegiatan yang dijalankan.


Pemecahan suatu masalah dengan menggunakan metode manajemen
  


Kata manajemen di ambil dari kata bahasa inggris yaitu “manage” yang berarti mengurus, mengelola, mengendalikan, 


Pemecahan masalah merupakan hal yang tak terpisahkan dalam pekerjaan. Sedikit banyak kita telah mengenal teknik pemecahan masalah, namun seringkali menjumpai kesulitan-kesulitan dalam implementasinya, antara lain disebabkan oleh langkah-langkahnya yang panjang dan kurang praktis.
Keberhasilan mencapai efisiensi, kualitas, produktivitas dan lain-lain, dimulai dengan mengatasi hambatan dan gangguan yang terjadi di tempat kerja. Seberapa efektif kita mengatasinya tergantung seberapa efektif aplikasi keterampilan kita memecahkan masalah-masalah tersebut.

Salah satu contoh nya yang pernah saya alami adalah ketika saya bergelut di dunia ekskul pecinta alam waktu SMK dulu. Yang mana organisasi kami yang bernama Nusapala (Nusantara Pecinta Alam) akan mengadakan perjalanan menuju Gunung Bunder di daerah Bogor untuk melakukan kegiatan pelantikan, penyematan serta pengukuhan anggota keluarga baru .
Untuk melakukan kegiatan hal penting ini, pastinya kami harus membuat perencanaan manajemen yang tidak sembarangan dan semua ini tak lepas dari observasi yang kita lakukan 2 hari sebelum kegiatan ini dimulai. Diawali  dari penentuan biaya nya ( tiap peserta, kendaraaan, tiket masuk, loigistik dll),  manajemen perjalanan nya (penetuan waktu, transportasi), logistic yang dibawa (makanan, minuman, perlengkapan pribadi dan lapangan, obat-obatan dll) serta data pribadi dari setiap peserta yang harus diketahui secara rinci (dimulai dari biodata, keluarga nya,hingga penyakit yang pernah diderita dll).
Dan allhamdulillah kegiatan kami tempo hari, baik dari awal kegiatan di lapangan dan kembali pulangke rumah semua berjalan dengan lancar tanpa halangan. Perlu diingat semua kelancaran dalam suatu kegiatan tak lepas dari doa orang tua, ridha Allah dan manajemen yang baik.
Terima kasih
Wassalamualaikum wr. wb




2 komentar: